Kesehatan

Cara Tepat Mengatasi Kelebihan Berat Badan

Sudahkah Anda tahu tentang cra paling tepat mengatasi kelebihan berat badan atau yang lebih dikenal dengan obesitas? jika belum mengetahuinya, berikut beberapa cara untuk mengatasinya.

Sebuah riset yang dilakukan oleh Professor Hiroyasu Iso dari Osaka University Jepang, menunjukkan bahwa mereka yang biasa makan dengan cepat sampai kekenyangan lebih berisiko mengalami kegemukan.

Kebiasaan makan cepat hingga kekenyangan ini dipicu juga dengan kesalahan pola makan yang diterapkan dalam keluarga. Misalnya makan dengan porsi berlebihan, fast food, dan makan sambil melakukan kegiatan lain misalnya menonton televisi.
Namun jangan khawatir bagi anda yang mengalami kelebihan berat badan, ada beberapa cara alami untuk mengatasi kegemukan. Berikut caranya yaitu dengan menerapkan pakem 4J:

1. Jumlah
Kurangi seperempat porsi dari kebiasaan makan. Dengan cara itu, setengah sampai satu kilogram berat badan akan turun dalam waktu satu pekan.

2. Jadwal
Makan secara teratur tiga kali sehari. Para penderita obesitas dilarang mengudap makanan kecil di antara jadwal yang ditentukan.

3. Jenis
Pilih karbohidrat kompleks yang mengandung serat, seperti nasi merah dan roti gandum. Perbanyak makan sayur dan buah-buahan agar peningkatan karbohidrat terjadi secara perlahan. Hindari penggunaan karbohidrat simpleks yang terdapat dalam gula pasir, gula jawa, sirup, dan tepung-tepungan. menurunkan berat badan

Hindari protein yang terdapat dalam daging merah. Protein yang sehat adalah protein hewani dan nabati, seperti yang ada dalam ikan, ayam (kulitnya jangan dimakan), tahu, tempe, dan putih telur.
Lemak yang harus dihindari adalah keju, margarin, kuning telur, santan, cumi, udang, kerang, kepiting, jeroan, otak, hati, daging sapi, dan daging bebek. Lemak yang bagus dapat diperoleh dari berbagai jenis ikan laut dalam, minyak zaitun, dan kedelai.

4. Jurus memasak
Prinsipnya, semua makanan tidak boleh diolah menggunakan minyak goreng. Jika ingin menumis, gunakan minyak zaitun. Jangan memanaskan langsung di wajan. Tuangkan minyak itu setelah tumisan diangkat dari wajan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *